Gastrodiplomacy Turki Oleh Non State Actor Studi Kasus Penjualan Es Krim Khas Turki Oleh Zahra Turkish Ice Cream

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Sinaga, Anastasia Claudia (2018) Gastrodiplomacy Turki Oleh Non State Actor Studi Kasus Penjualan Es Krim Khas Turki Oleh Zahra Turkish Ice Cream. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam dunia Hubungan Internasional, diplomasi publik merupakan cara yang sudah banyak digunakan oleh aktor negara maupun aktor non- negara untuk memperkenalkan budaya suatu negara di ranah internasional agar kemudian budaya tersebut dapat menyebarluas dan diterima oleh masyarakat internasional. Salah satu cara yang dilakukan untuk melakukan diplomasi publik adalah dengan melaksanakan kampanye gastrodiplomacy, dimana para aktor pelaku diplomasi publik memperkenalkan budaya suatu negaramelalui makanan khas negara tersebut secara berulang-ulang. Salah satu aktor non-negara yang melakukan gastrodiplomacy adalah Zahra Turkish Ice Cream, merupakan perusahaan yang beroperasi di beberapa kotabesar di Indonesia untuk memperkenalkan budaya dan ciri khas negara Turki melalui penjualan es krim yang khas dan memang merupakan es krim yang berasal dari negara tersebut. Karena dinilai mampu merepresentasikan negara Turki melalui penjualannya, Zahra Turkish Ice Cream dipercaya dan diakui sebagai icon negara Turki oleh Kedutaan Besar Turki di Indonesia. Penelitian ini mengungkap apa peran Zahra Turkish Ice Cream sebagai aktor non-negara yang melakukan gastrodiplomacydan mengungkap apakah dengan mengkonsumsi es krim dari Zahra Turkish Ice Cream membuat konsumen tertarik untuk belajar dan mencari tahu lebih banyak tentang negara Turki. Penelitian ini dipandu dengan menggunakan tiga macam konsep yaitu New Public Diplomacy, Gastrodiplomacy, dan Polylateralism.

Kata kunci: Diplomasi Publik, New Public Diplomacy, Budaya, Aktor Non- Negara, Gastrodiplomacy, Polylateralism, Turki, Indonesia

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:07
Last Modified: 03 Jan 2024 10:07
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item
View Item