Hegemoni Budaya Pop Jepang Pada Komunitas Pecinta Anime Jakarta (KOPAJA)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Wardhani Laras, Kusuma (2018) Hegemoni Budaya Pop Jepang Pada Komunitas Pecinta Anime Jakarta (KOPAJA). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budaya pop tidak hanya identik pada budaya Barat saja, tetapi negara di Asia juga menjadi pengekspor budaya pop di dunia. Jepang merupakan salah satu negara di Asia yang budaya pop-nya melanda diberbagai negara. Besarnya konsumsi budaya pop Jepang dalam Komunitas Pecinta AnimeJakarta (KOPAJA) tersebut menjadikan semakin besar pula ideologi yang tertanam dalam diri para anggota KOPAJA. Peran idola tersebut menjadi hal yang penting bagi komunitas ini untuk mengikuti hingga mengadopsi budaya pop Jepang pada kehidupan para anggota KOPAJA. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses hegemonisasi budaya pop Jepang pada anggota KOPAJA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses hegemoni budaya pop Jepang dalam KOPAJA diawali melalui media, baik media elektronik, cetak maupun sosial seperti instagram dan Facebook. Pada prosesnya, media massa membawa dan memperkenalkan budaya pop Jepang sehingga berhasil menarik perhatian seseorang. Kemudian proses kedua yaitu pembentukan komunitas, dengan adanya bentuk kecintaan terhadap tayangan anime maka terbentuklah komunitas pencinta anime yaitu KOPAJA. Melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan KOPAJA merupakan saat-saat penerapan hegemoni pada anggota KOPAJA. Proses ketiga adalah terciptanya hegemoni pada Komunitas Pecinta Anime Jakarta dengan membentuk pola hegemoni budaya pop pada anggota komunitas KOPAJA, yaitu pola intelektual, dimana pola ini memberikan penekanan pada intelektual yang dimiliki pimpinan dan pola moral, dimana pola ini menekankan kepada moral yang diberikan pimpinan.

Kata Kunci: Teori Hegemoni, Komunikasi Organisasi

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > International Relations Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:05
Last Modified: 03 Jan 2024 10:05
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item
View Item