Utami, Irene Kartika (2018) Penggunaan Instagram Sebagai Media Untuk Memotivasi Followers Menjadi Relawan Pengajar : Studi Deskriptif Akun @GEN_INDONESIA. UGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Pesatnya pertumbuhan dan kemajuan teknologi, mendorong masyarakat untuk memiliki akun media sosial yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi melalui dunia maya. Berbagai macam media sosial mulai dari Twitter, Facebook hingga Youtube dapat dengan mudah diakses melalui telepon genggam masyarakat. Salah satu media sosial saat ini tengah populer yaitu Instagram. Instagram sebagai salah satu bentuk dari media komunikasi, memiliki keuntungan dalam kehidupan modern saat ini, salah satunya yaitu sebagai media untuk melakukan sebuah gerakan sosial. Keuntungan tersebut dimanfaatkan oleh sebuah organisasi pendidikan non-govern mental yaitu Generasi Emas Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan teknik wawancara.Teori yang digunakan adalah Social Information Processing yang berfokus pada informasi sosial yang tersedia dan pengaruhnya terhadap pembentukan kesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Generasi Emas Nusantara memotivasi generasi muda untuk menjadi relawan pengajar dengan menggunakan slogan yang dikemas denganmenggunakan fitur hashtag yaitu #NgajarItuKeren dengan tujuan untuk mengubah besar pemikiran masyarakat bahwa mengajar itu bukan hanya tugas para guru namun tugas semua orang yang terdidik. Tidak hanya itu, Generasi Emas Nusantara juga memotivasi followers dengan memanfaatkan foto serta caption yang mendukung
Kata kunci: Instagram, organisasi pendidikan, motivasi, relawan pengajar
Item Type: | Thesis (UGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | Faculty of Communication, Communication Studies > Mass Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 10:04 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 10:04 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/857 |