Pengaruh Komponen Audio, Kelompok Acuan Dan Motivasi Terhadap Preferensi Musik Konsumen Di Layanan Online Music Streaming: Studi Pada Lagu Bahasa Inggris Oleh Boygroup K-Pop BTS

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Kusumawardhani, Sarita (2022) Pengaruh Komponen Audio, Kelompok Acuan Dan Motivasi Terhadap Preferensi Musik Konsumen Di Layanan Online Music Streaming: Studi Pada Lagu Bahasa Inggris Oleh Boygroup K-Pop BTS. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara komponen audio, kelompok acuan, sertamotivasi terhadap preferensi musik konsumen lagu bahasa Inggris oleh boygroup K-Pop BTS di layanan online music streaming Spotify. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif denganparadigma positivisme. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari komponen audio(X1), kelompok acuan (X2), dan motivasi konsumen (X3), sementara untuk variabel dependenyakni preferensi musik konsumen(Y). Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengkonsumsi lagu-lagu bahasa Inggris dari grup K-Pop terkait di layanan streaming musik Spotify.Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan metode non-probability sampling dan teknik pengambilan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online. Hasil analisis penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara masing-masing variabelkomponen audio dengan nilai koefisien sebesar 0,806, serta motivasi konsumen dengan nilai koefisien sebesar 0,518–terhadap variabel preferensi musik konsumen lagu bahasa Inggris dari boygroup K-Pop BTS.Sementara untuk variabel kelompok acuan tidak memiliki pengaruh secara signifikan, dengan nilai koefisien 0,094 serta nilai pengaruh parsialnya sebesar 31,4%.

Kata kunci : kelompok acuan, motivasi, musik K-Pop, preferensi musik, Spotify

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:15
Last Modified: 29 Dec 2023 08:15
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/952

Actions (login required)

View Item
View Item