Implementasi Experiential Luxury Marketing PT. MBDI Atas Kemunculan Unit Mobil CKD Melalui Kegiatan Perusahaan

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Fachrudin, Zalfa Zaachira (2022) Implementasi Experiential Luxury Marketing PT. MBDI Atas Kemunculan Unit Mobil CKD Melalui Kegiatan Perusahaan. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Globalisasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap prusahaan yang dimana menyebabkan konsumen menuntut perusahaan untuk melahirkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga rendah. Dampak lain dari globalisasi juga menyebabkan adanya perubahan PPNBM yang dimana harga pajak melonjak, oleh karena itu sektor otomotif dalam kategori luxury perlu menindaklanjuti hal tersebut. Mercedes-Benz merupakan salah satu brand otomotif luxury yang melahirkan unit mobil CKD atas adanya perubahan PPNBM. Penelitian ini menganalisis bentuk implementasi experiential luxury marketing melalui strategi perusahaan sebagai upaya mempertahankan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran yang dilakukan, menemukan faktor utama PT. MBDI menggunakan pengalaman sebagai medium untuk mendekatkan diri kepada konsumen, serta mengetahui pergeseran fokus dari transaksional ke fokus hubungan. Metodologi penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Data di dapat melalui hasil pengumpulan data dan wawancara. Temuan penelitian menghasilkan bahwa PT. MBDI memiliki Visi dan Misi perusahaan terbaru yang menyebabkan kompetitor utamanya pun berubah. Kegiatan yang dilakukan oleh PT. MBDI memenuhi implementasi experiential luxury marketing yakni experience, exchange, extention, emphasis, empathy capital, emotional touchpoints, dan emic processuntuk menciptakan pengalaman pelanggan melalui kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan yang dilakukanoleh PT. MBDI tergolong dalam tipe Empathic Luxury Marketing.

Kata Kunci: Marketing Communication, Brand Image, Kegiatan Perusahaan, Experiential Luxury Marketing, PT.Mercedes-Benz Distribution Indonesia

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:20
Last Modified: 29 Dec 2023 08:20
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/963

Actions (login required)

View Item
View Item