Fachrudin, Zalfa Zaachira (2022) Implementasi Experiential Luxury Marketing PT. MBDI Atas Kemunculan Unit Mobil CKD Melalui Kegiatan Perusahaan. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.
Full text not available from this repository.Abstract
Globalisasi memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap prusahaan yang dimana menyebabkan konsumen menuntut perusahaan untuk melahirkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga rendah. Dampak lain dari globalisasi juga menyebabkan adanya perubahan PPNBM yang dimana harga pajak melonjak, oleh karena itu sektor otomotif dalam kategori luxury perlu menindaklanjuti hal tersebut. Mercedes-Benz merupakan salah satu brand otomotif luxury yang melahirkan unit mobil CKD atas adanya perubahan PPNBM. Penelitian ini menganalisis bentuk implementasi experiential luxury marketing melalui strategi perusahaan sebagai upaya mempertahankan brand image. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran yang dilakukan, menemukan faktor utama PT. MBDI menggunakan pengalaman sebagai medium untuk mendekatkan diri kepada konsumen, serta mengetahui pergeseran fokus dari transaksional ke fokus hubungan. Metodologi penelitian yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif. Data di dapat melalui hasil pengumpulan data dan wawancara. Temuan penelitian menghasilkan bahwa PT. MBDI memiliki Visi dan Misi perusahaan terbaru yang menyebabkan kompetitor utamanya pun berubah. Kegiatan yang dilakukan oleh PT. MBDI memenuhi implementasi experiential luxury marketing yakni experience, exchange, extention, emphasis, empathy capital, emotional touchpoints, dan emic processuntuk menciptakan pengalaman pelanggan melalui kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini juga menemukan bahwa kegiatan yang dilakukanoleh PT. MBDI tergolong dalam tipe Empathic Luxury Marketing.
Kata Kunci: Marketing Communication, Brand Image, Kegiatan Perusahaan, Experiential Luxury Marketing, PT.Mercedes-Benz Distribution Indonesia
Item Type: | Thesis (PGP-Thesis) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races |
Divisions: | POSTGRADUATE PROGRAMME > Marketing Communication |
Depositing User: | Ms Kartika S |
Date Deposited: | 29 Dec 2023 08:20 |
Last Modified: | 29 Dec 2023 08:20 |
URI: | http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/963 |