Aspek Propaganda Dalam Penyajian Diorama Museum Pengkhianatan Partai Komunis Indonesia Di Kompleks Monumen Pancasila Sakti

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Hutagalung, Yohan Berntwen (2022) Aspek Propaganda Dalam Penyajian Diorama Museum Pengkhianatan Partai Komunis Indonesia Di Kompleks Monumen Pancasila Sakti. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication and Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

" Setiap tahun isu mengenai kebangkitan PKI selalu merebak di masyarakat menjelang peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober. Penelitian ini akan membahas mengenai bagaimana penerapan aspek propaganda dalam penyajian diorama Museum Pengkhianatan PKI dan relevansinya dengan masa sekarang. Penelitian ini mengambil objek di Kompleks Monumen Pancasila Sakti yang didalamnya terdapat Museum Pengkhianatan PKI dan Museum Paseban yang menyajikan diorama sejarah pemberontakan PKI dari masa awal kemerdekaan hingga pasca peristiwa G30S pada 1965. Penelitian dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara kepada pengelola kompleks, pengunjung, serta narasumber sejarawan serta kajian pustaka dan observasi. Penelitian ini memperlihatkan bahwa penyajian diorama di Museum Pengkhianatan PKI dan Museum Paseban memang ditemukan adanya penggunaan propaganda yang dilihat dari proses, elemen dan teknik propaganda. Propaganda yang digunakan pun masih relevan di masa sekarang dengan kondisi mayoritas masyarakat yang lahir jauh setelah peristiwa G30S terjadi. Selain itu, diorama sebagai media komunikasi museum perlu dukungan media komunikasi lain yang lebih efektif agar propaganda yang dilakukan bisa lebih maksimal."

Kata Kunci: Propaganda, Penyajian Diorama, Media Komunikasi

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:23
Last Modified: 29 Dec 2023 08:23
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item
View Item