Pengaruh Amanda Manopo Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee (Studi Eksplanatif Kausalitas Pada Followers Instagram @AmandaManopo)

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Patricia, Monica Calista (2022) Pengaruh Amanda Manopo Sebagai Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee (Studi Eksplanatif Kausalitas Pada Followers Instagram @AmandaManopo). UGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi ini, perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang melekat dalam kehidupan masyarakat. Seiring dengan berkembangnya digitalisasi secara berkesinambungan terciptalah aplikasi yang menawarkan berbagai macam fungsi, salah satunya sebagai sarana berbelanja yang dapat dikenal dengan sebutan e-commerce. Shopee adalah aplikasi e-commerce di bawah naungan SEA Group yang merupakan perusahaan teknologi multinasional Singapura dengan pengunjung situs bulanan tertinggi di kedua di Indonesia. Pada bulan April 2021 Amanda Manopo dipilih sebagai brand ambassador Shopee untuk memenangkan pasar. Maka dari itu penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Amanda Manopo sebagai Brand Ambassador terhadap keputusan pembelian di aplikasi Shopee. Penelitian ini dipandu dengan menggunakan grand teori S-O-R. Untuk mengevaluasi karakteristik dimensi variabel X peneliti menggunakan teori VisCAP (Visibility, Credibility, Attraction and Power). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif eksplanatif kepada 100 orang responden yang merupakan followers Instagram Amanda Manopo serta pengguna aplikasi Shopee. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara variabel X (Amanda Manopo sebagai brand ambassador) terhadap variabel Y (keputusan pembelian di palikasi Shopee). Uji korelasi menunjukkan nilai sebesar 0,76 yang menyatakan bahwa tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y kuat. Untuk memperdalam penelitian, peneliti juga melakukan uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan linearitas. Peneliti berharap agar Shopee dapat menjadikan penelitian ini sebagai bahan pertimbangan serta untuk memilih brand ambassador dengan kriteria serupa.

Kata Kunci: Brand Ambassador, Amanda Manopo, Shopee, e-commerce, Instagram

Item Type: Thesis (UGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: Faculty of Communication, Communication Studies > Marketing Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 03 Jan 2024 10:29
Last Modified: 03 Jan 2024 10:29
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item