Difusi Inovasi Layanan Aplikasi Mapan Pada Mitra Usaha Di Area Ekspansi Sumatera & Sulawesi

About Us

LSPR (London School of Public Relations) is a private educational institution based in Indonesia, primarily focused on communication, public relations, and related fields. An "institutional repository" typically refers to a digital collection of an institution's scholarly and creative output, including research papers, theses, publications, and other academic materials.If LSPR has established an institutional repository, it would serve as a platform to showcase and preserve the intellectual work of the institution's students, faculty, and researchers. This repository could be used to centralize.

"It's a space where ideas flourish."

Chairunissa, Ridha (2022) Difusi Inovasi Layanan Aplikasi Mapan Pada Mitra Usaha Di Area Ekspansi Sumatera & Sulawesi. PGP-Thesis thesis, LSPR Communication & Business Institute.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aplikasi Mapan merupakan sebuah aplikasi berbasis Android dengan layanan utamannya Mapan Arisan. Target market aplikasi ini adalah middle to low income user terutama ibu rumah tangga. Pada Januari 2022, layanan aplikasi Mapan mulai meluaskan jangkauannya ke area ekspansi di Sumatera dan Sulawesi setelah sebelumnya sejak 2015 hanya menjangkau pulau Jawa dan Bali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi difusi inovasi yang terjadi dalam perluasan layanan Aplikasi Mapan serta hal yang menjadi kendala dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara narasumber dan studi dokumen. Hasil penelitian didapat bahwa proses difusi inovasi dilakukan dengan melalui tahapan – tahapan difusi yang saat ini masih terus berjalanan. Saluran komunikasi yang paling berpengaruh besar terhadap putusan inovasi layanan Mapan terhadap mitra usaha adalah saluran komunikasi interpersonal dalam bentuk Whatsapp Group Management yang dipegang oleh divisi tim komunitas. Adapun sistem sosial yang digunakan dalam proses ini merupakan opinion leader yang disebut Mapan sebagai mitra usaha Mapan. Aplikasi Mapan masih menghadapi hambatan baik dari sisi internal yaitu kendala pengiriman, sistem subsidi ongkos kirim, serta sistem kemitraan yang bukan menjadi karyawan langsung Mapan. Hambatan dari sisi eksternal dimana terdapat persaingan antara kompetitor yang sudah lebih dulu menguasai pasar di area tertentu.

Kata kunci: Arisan online, difusi inovasi, Aplikasi Mapan, Analisis komunikasi.

Item Type: Thesis (PGP-Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: POSTGRADUATE PROGRAMME > Corporate Communication
Depositing User: Ms Kartika S
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:10
Last Modified: 29 Dec 2023 08:10
URI: http://repository.lspr.ac.id/id/eprint/993

Actions (login required)

View Item
View Item